Candi Ratu Boko

Berkunjung ke kota Yogyakarta masih belum lengkap rasanya kalau tidak mengunjungi Candi Ratu Boko. Candi ini berada di Yogyakarta dan merupakan situs peninggalan bersejarah yang sampai sekarang dijadikan sebagai loka wisata. Baik wara lokal maupun asing.

Fakta Candi Ratu Boko

Menyaksikan Indahnya Sunset

Candi Ratu Boko adalah salah satu candi yang berada di daerah dataran tinggi. Candi ini akan menampakan keeksotisan matahari terbenam. Bagi kamu yang ingin berkunjung kemari, direkomendasikan menjelang senja. Pesona indahnya akan sangat terasa, lho!

Arsitektur Khas Istana

Terkait dengan candi ini ternyata sangat erat kaitannya dengan kerajaan-kerajaan zaman baheula. Melihat dari gaya arsitekturnya yang indah, kombinasi antara batu andhesit dan juga batu kapur putih, kabarnya candi ini dahulunya bekas istana kerajaan.

Bisa dikatakan mirip pula dengan keratin. Kalau melihat dari sisi kiri, di sebelah candinya juga terseida candi yang sepertinya digunakan untuk tempat pembakaran jenazah zaman dahulu.

Ditemukan oleh Orang Eropa

Siapa menduga penemu dari candi Ratu Boko ini? Menurut H.J. De Graff Candi Ratu Boko dahulunya ditemukan oleh orang-orang Eropa. Namun, beberapa cerita terkait dengan warga sekitar justru mengatakan kalau candi ini dahulunya miliki Prabu Boko.

Siapa Prabu Boko? Kita biasa mengenalnya dengan sebutan Roro Jonggrang. Di mana pada masa itu Roro Jonggrang dikenal sebagai sosok yang suka makan daging dan berperilaku buruk sehingga diusir dari istana oleh suaminya. Ia pun mendirikan istana sendiri.